Jumat, 31 Oktober 2008

HAKIKAT MANUSIA

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan.

Peralatan tubuh manusia .
Berdasrkan sifat materinya peralatan tubuh manusia dapat kita bedakan atas peralatan rohani. Baik komuinkator dan komunikan adalah manusia, keduanya menggunakan peralatan jasmani dan rohaninya dalam berkomunikasi. Dalam berkomunikasi Intrapribadi, amnusianya komunikator menggunakan peralatan rohani seperti hani nurani, akal budi, dan seperangkat naluri untuk menyusun pesan. Peralatan jasmani bersifat konkret, dapat dilihat, dan dipegang: sedangkan peralatan rohani bersifat abstrak, tidak dapat dilihat dan dipegang namun dapat dirasakan fungsi-fungsinya.

Peralatan Jasmani
Pealatan jasmani memiliki fungsinya masing-masing. Pada sisi komunikator, peralatan jasmani yang berfungsi tidak sebagaimana adanya dapat bermasalah .

Peralatan R ohaniah
peralatan rohani juga memiliki fungsinya masing-masing. peralatan rohani berkerja secara simultan, bersama-sama terus menerussepanjang kesadran manusia pemiliknya, dan baru berhenti ketika pemiliknya mati. dari kerja peralata rohani, pesan komunikasi dihasilkan. karena bersifat abstrak, kita hanya bisa membedakan masing-masing peralatan rohani dasarkan fungsi-fungsinya.

Peralatan R ohaniah adalah
Akal
Akal adalahsalah satu peralatan rohani manusia yang berfungsi untuk membedakan mana yang salah dan benar, mengingat, menghubungkan,menganalisi dan menyimpulkan. Keammapuan akal sering diukur dengan IQ(intelectual quetient).;kecerdasan intelektual. EQ (emotional quetiont). Buku ini meyakiniEQ adalah hasil kerja peralatan rohai selain daripada akal, yakni apa yamg kita sebut budi.

Budi
Budi adalah salah satu fungsi rohani manusia yang berfungsi untuk membedakan baik atau buruk (etika). indah atau tidak indah (estetika atau perasaan keindahan). sopan atau tidak sopan (etiket atau perasaan ketata kramakesopanan). apabila akal terikat dengan logikadan cendrung obyektif, maka budi bersifta subyektif, karena terikat langsung dengan emosi. Sehingga dinyatakan pula bhwa budi adalah fungsi perasaan. karena haikat dan juga fungsinya memang berbeda.

Naluri
Naluri adalah dorongan yang dibawa manusia sejak lahiruntuk berperilaku tertentu. naluri sering disebut juga instink. salah satu naluri misalnya adalah naluri ketuhanan .

Hati Nurani
Hati nurani adalah peralatan rohani manusia ynag berfungsi sebagai pedoman manakala akal, budi naluri tidak dapat memutuskna dan manusia berada dalam keseimbangan. Apabila akla terkait dengan kecerdasan intelekual (IQ), budi dengan kecerdasan emosional (EQ), maka hati nurani adalah kecerdasan spritual: SQ(Spritual quetient). Maka kita dapat mendefinisikan manusia sebagi makhluk yang memiliki hati nurani, akal, budi, dan seperangkat naluri.

Peralatan rohaniah
ketika nurani, akal, budi, dan seperangkat naluri bekerja, hasilnya kita sebut hasil kerja peralatan rohani, yang terdiri dari falsafah hidup , konsepsi kebahagian, motif komunikasi, serta pesan komunikan atau ringkasanya kita sebut pesan saja.

Motif komunikasi
motif komunikasi sebagai uasaha penyampaian pesan antarmausia atau motif komunikasise bagai sebab-sebab yang mendorong komuikator menyampaikan pesannya kepada komunikan. Manusia menyapaikan pesan karena ia mempunyai motif.

Konsepsi kebahagian

Konsepsi kebahagian dapat dimaknai sebagai rancangan, cetak biru, atau blue print yang menjadi arahan kita dalam mencapai sesuatu. Konsepsi kebahagian kita artikan sebagai rancangan dalam diri seseorang dalam upaya memperoleh kebahagianya berbagai bidang kehidupan : keluarga, pasanga hidup, pekerjaan, pendidikan, serta bidang-bidang kehidupan laninya. Konsepsi kebahagian adalah hasil kerja peralatan rohani: hati hati nurani, akal, budi, dan seperangkat naluri yang terbentuk sepanjang hidup manusia pemiliknya.

Tidak ada komentar: